Bagi Anda pengguna Twitter pasti kenal sama yang namanya Hashtag alias tagar. Istilah ini mirip dengan tag pada blog. Di Twitter, hashtag berfungsi untuk mempermudah penggolongan tweet ke dalam sebuah kategori. Penggunaan hashtag diawali dengan simbol pagar atau #, contohnya seperti #jajalkuliner, #festivalbudaya, #artikelkebudayaan, dan lainnya. Lalu contoh lain jika ingin menggunakan hashtag pada isi tweet Anda misalnya, “Semoga korban jiwa akibat gempa tidak bertambah #prayforindonesia”
Ketika Anda menggunakan hashtag, maka siapapun yang melakukan pencarian menggunakan kata atau kalimat pada hashtag tersebut akan menemukan tweet Anda. Pengunaan hashtag sangat populer saat ini, hashtag juga sering masuk menjadi trending topik.
Oleh karena itu banyak pengguna Twitter saat ini menggunakan hashtag sebagai alat marketing mereka. Tagar digunakan agar pengguna lebih mudah untuk menemukan daftar target pelanggan dan mengetahui keinginan mereka terhadap produk yang ditawarkan. Berikut beberapa tips penggunaan hashtag yang efektif untuk kegiatan marketing Anda.
1.Mengetahui Keyword
Hanya Anda yang mengetahui garis besar bisnis yang sedang Anda jalankan. Oleh karena itu, Anda tahu yang terbaik untuk kata kunci utama yang akan berada di setiap tweet Anda. Disamping itu, yang perlu Anda kerjakan adalah dengan melakukan riset. Luangkan waktu Anda untuk mencari referensi kata kunci apa yang akan Anda pakai.
2. Join Hashtag Dan Berkontribusi Untuk Membangun Kehadiran Komunitas
Banyak orang mengikuti hashtags tertentu di situs seperti SocialOomph, di mana topik favorit mereka dibahas di Twitter. Disinilah Anda mulai bergerak, komunitas ini sudah jadi dan mereka hanya tinggal menunggu bisnis apa yang akan Anda tawarkan. Jangan gunakan hashtag yang menggangu, gunakan hashtag yang lebih spesifik dalam strategi sosial media Anda. Tak lama kemudian, orang-orang yang mengikuti hashtag ini akan terhubung dangan bisnis Anda. Pastikan memilih hashtag terbaik untuk mengikuti dan mengintegrasikan ke dalam promosi Anda.
3. Buat Beberapa Hashtag Dan Populerkan
Buatlah hashtags yang unik dan sederhana. Jika telah membuat hashtag Anda sendiri, itu adalah tanggung jawab Anda sebagai ahli strategi sosial media untuk mempromosikannya. Untuk melakukan hal ini, gunakan jaringan sosial media lain seperti Facebook, Linkedln dan blog untuk mempopulerkan hashtag Anda. Berinteraksilah dengan orang lain yang menggunakan hashtag Anda untuk mendapatkan hasil yang terbaik.
4. Perhatikan/Pantau Hashtag Anda Menggunakan Real Time Search Di Twitter
Saat ini Anda sudah memiliki hashtag sendiri, pantau hashtag Anda dengan melihat siapa yang menggunakannya dan kenapa. Anda bisa mencari siapa saja yang mengikuti hashtag Anda dalam halaman khusus di search.twitter.com. Jika Anda melakukan ini dengan baik, bukan mustahil hashtag Anda bisa menjadi trending topik.
Teruslah berhashtagging supaya bisa lebih berkembang, jangan takut untuk beralih ke tag yang lebih baik dan jangan menyerah karena promosi tag Anda tidak bekerja dengan baik. Ingat, tujuan awalnya adalah membuat bisnis Anda lebih mudah dalam menemukan klien yang potensial.